Danau Love, Surga Wisata di Jayapura

Menjelajah Papua tak akan ada habisnya. Setiap sudutnya menyuguhkan keindahan yang unik, menarik bahkan sulit dilupakan. Demikian halnya saat mengunjungi Jayapura. Di tempat ini terdapat sebuah danau yang sungguh unik. Mengacu pada namanya, danau ini acap kali disebut sebagai Danau Imfote, tetapi masyur dengan debutan Danau Love. Bentuknya yang serupa hati membuat danau yang berada di kecamatan Ebungfau, Jayapura itu disebut demikian.

Bentuk hati akan terlihat jelas dari bukit yang ada di sekelilingnya. Dari atas bukit ini pula, pengunjung bisa berburu foto dengan latar belakang danau nan cantik itu. Oleh karena bentuknya yang unik dipadu dengan dengan suasana nan romantis, Danau Love acap kali menjadi destinasi para calon pasangan pengantin untuk melakukan pre wedding.

Akses untuk mencapai danau ini bisa dilakukan dengan transportasi darat dan air. Pengunjung yang ingin melakukan perjalanan dengan jalur darat bisa memulai perjalanan dari Kota Jayapura kemudian melalui Kecamatan Genyem di Kabupaten Jayapira atau Kecamatan Arso di Kabupaten Keerom. Sementara pengunjung yang ingin melalui jalur air bisa menggunakan perahu atau speedboat dari Pelabuhan Yahim yang berada tak jauh dari Bandara Sentani. Selajutnya, perjalanan menuju Pelabuhan Kawi di Desa Putaly. Rute berikutnya, yaitu mendaki bukit atau niak sepeda motor atau mobil di sepanjang jalan raya yang sudah dibangun.

Untuk menuju danau yang juga populer dengan sebutan Telaga Cinta itu memang membutuhkan tenaga ekstra. Setelah menempuh perjalanan cukup panjang dari kota Jayapura, pengunjung masih harus melewati jalan bertanah yang dimulai dari desa Yoka untuk menuju desa Puay. Sepanjang perjalanan, Anda akan dihadapkan pada pemandangan jalan berkelok menanjak dan menurun. Bagi para penggemar wisata ekstrem, tentu hal ini sangat menyenangkan dan sebuah tantangan baru.

Meski cukup menguras energi untuk mengunjunginya, tetapi sepanjang perjalanan rasa bosan dipastikan enyah. Pasalnya, hamparan birunya Danau Sentani dan pohon sagu yang berjajar di sisi kanan jalan akan sangat menarik mata. Demikian halnya dengan hutan lebat Abepura yang begitu hijau menyejukkan mata dan jiwa. (y)